Networking Tutorials

Minggu, 01 November 2009

Sebuah network komputer dapat dibagi menjadi beberapa bagian
Pertama Local Area Network (LAN) yaitu network antar komputer dalam sebuah bangunan dari kantor
Kedua Metropolitan Area Network (MAN) yaitu komunikasi antara dua kantor di sebuah kota atau metropolitan.
Ketiga Wide Area Network (WAN) yaitu network antara komputer, satu ditempatkan secara lokal dan yang lain dapat ribuan mil jauhnya di kota lain atau negara lain di dunia.
Konektivitas wide area network dicapati dengan menggunakan perangkat Router.
Internet adalah wide area network terbesar didunia dimana jutaan computer terhubung satua sama lain dengan menggunakan kabel ataupun nirkabel Ada dua jenis utama dari network komputer client-server dan peer to peer.
Dalam komputasi client server, sebuah komputer memainkan peran utama yang dikenal sebagai server, tempat file, data dalam bentuk halaman web, dokumen, atau docs or spread sheet files, video, database dan sumber daya yang ditempatkan.
Semua komputer lain di klien / server network disebut klien dan mereka mendapatkan data dari server.
Dalam network peer to peer semua komputer memainkan peran yang sama dan tidak ada komputer bertindak sebagai server terpusat. Dalam bisnis utama di seluruh dunia network client-server model dalam penggunaan utama.
Sebuah topologi network mendefinisikan struktur, desain atau tata letak network. Ada berbagai topologi seperti bus, ring, star, mesh, hybrid dan lain-lain . topologi star adalah topologi yang paling sering digunakan. Dalam topologi star, semua komputer dalam network dihubungkan dengan perangkat terpusat seperti hub atau switch. Jadi star seperti membentuk sebuah struktur. Jika hub / switch gagal untuk bekerja karena alasan apapun maka semua konektivitas dan komunikasi antara komputer akan dihentikan.
Bahasa komunikasi yang umum digunakan oleh komputer dan perangkat komunikasi yang dikenal sebagai protokol. Yang paling sering digunakan dan protokol yang populer di internet dan di rumah dan network lain yang disebut TCP / IP. TCP / IP bukanlah sebuah protokol tunggal tetapi itu adalah paket dari beberapa network komputer protocols.A dapat menjadi kabel atau wireless dan TCP / IP protokol dapat bekerja baik dalam jenis suatu aliran atau network.Data komunikasi dapat dibagi menjadi tujuh logical layers yang disebut lapisan OSI model yang dikembangkan oleh Intel dan Xerox Corporation dan distandarisasi oleh ISO.

1. Application layer
2. Presentation layer
3. Session layer
4. Transport layer
5. Network layer
6. Data Link layer
a. Media access control sub-layer
b. Logical link control sub-layer
7. Physical layer

Sebuah network dapat dibagi ke dalam berbagai skala dan range dan itu tergantung pada kebutuhan organisasi dan lokasi geografis. Network komputer dapat dibagi menjadi Local Area Network, Personal Area Network, Campus Area Network, Wireless Local Area Network, Metropolitan Area Network dan Wide Area Network.



0 comments:

Posting Komentar

 
 
 

Produk SMART Telecom